Berita Kegiatan Pondok

Haflah Takhooruj (Wisuda Angkatan 4) Ponpes Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok

TAHUN pelajaran 2017-2018 menjadi tahun ke 4 bagi Ponpes Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok meluluskan santrinya. Pada Kamis (10/5) mulai pukul 08.00, digelar Haflah Takhooruj (Wisuda Angkatan 4) Ponpes Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok yang diikuti 58 santri kelas XII dengan dihadiri oleh wali santri, Dewan Pembina H Casiwan HS, Ketua PDM Banyumas DR H Ibnu Hasan SAg MSi, Ketua PCM Cilongok, Muspika Cilongok, Komite, Direktur PPMZ, ustad, ustadzah, santriwan dan santriwati.

Direktur PPMZ Ustadz Arif Fauzi SPdI Lc dalam sambutannya mengatakan, selama enam tahun di pondok, santri mendapatkan program riil dari pesantren ilmu yang bermanfaat, menjadi orang yang soleh dan diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada umat berbangsa dan bernegara. “Kalau tidak menjadi manfaat, jadilah orang yang memberi manfaat,”pesan Ustadz Arif.

Lebih lanjut Ustadz Arif mengatakan, santri yang diwisuda menjalani proses yang panjang dan sulit sampai akhirnya lulus dari ponpes tidak menjadi jaminan bisa memegang nilai yang telah ditanamkan. “Kalian harus berpegang teguh dengan ajaran yang diajarkan pesantren. Pendidikan perlu dijalankan bukan sebgai semboyan atau logo,”pesannya.

Sementara itu, Dewan Pembina PPMZ H Casiwan HS berpesan kepada santri untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki dengan kolaborasi pendidikan yang diterima di pesantren. Diharapkan, lulusan PPMZ menjadi orang yang sukses dan memiliki jiwa wirausaha. “Jadi dokter, dokter yang sukses. Jadi peternak, peternak yang sukses dalam berwirausaha,”jelasnya.

Kegiatan tersebut diisi dengan penampilan dari santri dan santriwati. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu wisuda santri dengan pengalungan samir, ijazah dan bunga. Lalu pemberian piagam bagi santri berprestasi mulai dari nilai dan hafal Al Quran. Kegiatan ditutup oleh Ketua PDM BAnyumas DR H Ibnu Hasan SAg MSi. (agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *