Berita Informasi Kegiatan Pondok

IHT Pelatihan Membuat Soal Berbasis Google Form

Sekolah sebagai institusi pendidikan mengemban peran yang sangat penting dalam masyarakat, maka setiap institusi sekolah harus mempunya kualitas yang standar, dalam hal ini pemerintah telah menentukan 8 Standar Nasional Pendidikan yang harus dipenuhi oleh setiap institusi pendidikan.

SMA MBS Zam Zam Cilongok sebagai institusi pendidikan yang ada ditengah masyarakat juga wajib untuk memenuhi 8 SNP tersebut, dalam upaya memenuhi 8 SNP tersebut pada kenyataanya masih ada beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan dan disempurnakan supaya kualitas proses pendidikan di SMA MBS Zam Zam Cilongok berjalan dengan baik dan menghasilkan out put dan out come yang sesuai dengan harapan. Untuk itulah dilaksanakan kegiatan tersebut dengan diikuti oleh Guru SMA MBS Zam-Zam pada Jumat (8/3) di Lab Komputer Pondok Putri mulai pukul 13.00 sampai selesai.

Di standar sarana dan prasarana masih memerlukan pengembangan berkaitan dengan kekurangan sarana dan prasarana seperti kekurangan ruang lab. Kimia, ruang konseling ynga belum standar lainnya.

Pada standar Tendik juga masih ada yang perlu dikembangkan diantaranya kualifikasi kepala Laboratorium dan laboran yang belum bersertifikat, begitu juga dengan Kepala Perpustakaan dan pustakawannya.

Dan yang tidak kalah penting adalah kompetensi para guru yang masih sangat perlu dikembangkan terutama pada kompetensi professional, masih kuarangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran dan media evaluasi pembelajaran. Hal ini sangat penting untuk di perhatikan karena kita sekarang berada di zaman digital kita dituntut untuk mendigitalisasi segala sesuatu termasuk metode penilaian yang berbasis teknoligi ini lebih memudahkan guru dan peserta didik, dapat mendapatkan manfaat lebih karena tidak menggunakan kertas, seperti penghematan bagi sekolah dan ramah lingkungan.

Maka perlu kegiatan pengembangan kemampuan guru dalam pembuatan soal berbasis IT, dengan maksud supaya lebih mudah melaksanakan assessement dan dapat meningkatnya kompetensi guru dalam membuat media penilaian

Kegiatan pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi professional guru khususnya dalam hal kegiatan penilaian dengan menggunakan aplikasi google form. Supaya kegiatan ulangan / penilaian biasa dilaksanakan lebih praktis, berbasis teknologi informasi, mudah dilaksanakan dan hasilnya dapat dengan mudah diolah dan ditindaklanjuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *