Berita Informasi Kegiatan Pondok

MENTERI PENDIDIKAN HADIRI RAKORNAS PONPES MUHAMMADIYAH

SURAKARTA – Lembaga Pengembangan Pesantren  Muhammadiyah (LP2M) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tengah mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IV Pesantren Muhammadiyah. Kegiatan diikuti para Pimpinan Pondok Pesantren Muhammadiyah seluruh Indonesia, dengan mengangkat tema ‘Penguatan Kelembagaan, Tata Kelola dan Kaderisasi Pesantren Muhammadiyah’, berlangsung pada Kamis (29/8/2019) di gedung Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rakornas dihadiri Menteri Pendidikan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Dalam ceramah umumnya yang bertema, ‘Pesantren Muhammadiyah Sebagai Pusat Kaderisasi Ulama, Zu’ama dan Pendidik,’ Pak menteri menegaskan bahwa pesantren bukanlah identitas suatu kelompok tertentu tetapi sudah menjadi bagian dari sistem pendidikan di Indonesia.

“Pesantren Muhammadiyah hendaknya selalu terdepan dalam setiap kemajuan. Karenanya, penguatan kelembagaan dan tata kelola yang baik merupakan sebuah keharusan,” Papar Pak Menteri. Selain itu, lanjutnya, Pesantren Muhammadiyah harus menanamkan rasa kebanggaan dalam berislam kepada jiwa santri serta menumbuhkembangkan semangat untuk berkompetisi dalam kebaikan (fastabiqul khoirot).

Saat ini jumlah Pesantren Muhammadiyah berjumlah 324 pesantren tersebar di  seluruh Indonesia. Pesantren tersebut ada yang memadukan kurikulum nasional dengan kurikulum pesantren yang sudah terintegrasi. Adapula pesantren yang hanya memiliki program kepesantrenan (Takhosus).

Pesantren dalam pendidikannya harus bisa mendekatkan santri kepada Alloh subhanahu wa ta’ala dan melatih santri berfikir kritis tetapi selalu dibimbing wahyu sehingga menjadi orang yang bijak.* (Ust. Arif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *