Aktifitas Santri Berita Informasi Kegiatan Pondok

PROGRAM DAUROH TAHFIZH 2 BULAN PPM ZAMZAM MUHAMMADIYAH CILONGOK

PPM ZAMZAM- Al Qur’an, kitab dan kalam Allah yang mulia. Dengan mempelajari, mengamalkan serta mengajarkannya, niscaya Allah memberikan kebaikan, keutamaan, dan penjagaan kepada pelakunya. Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa Sallam menjelaskan dalam hadits, yang artinya: “Sebaik-baik kalian yang mempelajari Al Qur’an dan yang mengajarkannya.” (HR. Bukhori 5027).

“Semoga hadits tersebut bisa mencambuk kita untuk semakin dekat dengan Al Qu’an dan Alloh –‘Azza wa Jalla-, amiin,” kata Direktur PPM Zamzam, Ustadz Arif Fauzi, S.Pd.I, Lc. melalui pesan WAG wali santri terkait informasi pelaksanaan Program Dauroh Tahfidz 2 Bulan Ponpes Modern Zamzam Muhammadiyah Cilongok. Lebih rinci, Ustadz Arif menjelaskan, Program Dauroh dilaksanakan mulai Ahad-Kamis (1 September s.d 31 Oktober 2019), bertempat di rumah/ villa Tahfizh milik Bapak Haji Casiwan, beralamat di Jl. Raya Karanglo- Kalisari, Desa Karanglo, Cilongok, Banyumas. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Ketua Badan Pembina Pesantren, Bapak Haji Casiwan dan dihadiri jajaran Pimpinan Pesantren.

Dijelaskan Ustadz Arif, bahwa kiprah nyata untuk ikut mempercepat, memperbanyak dan mencetak generasi Al Qur’an, maka Pondok Pesantren Modern Zamzam Muhammadiyah Cilongok, Banyumas –dengan memohon pertolongan dari Allah—berupaya dengan melakukan langkah-langkah strategis yaitu mengadakan program dauroh tahfizh 2 bulan. “Target Ponpes Modern Zamzam Muhammadiyah melalui Program Dauroh Tahfizh 2 Bulan adalah mengantarkan 40 hafizh/ah dan 2 di antaranya memiliki Sanad di setiap tahunnya,” papar Ustadz Arif.

Wakil Direktur Ri’ayah sekaligus Penanggungjawab Program Dauroh Tahfizh 2 Bulan, KH. Wahyudi Al Hafizh mengatakan bahwa setelah melakukan seleksi yang ketat dari santri Ponpes Modern Zamzam Muhammadiyah, maka terpilihlah 16 santri Putra yang sekarang belajar di tingkat SMA ikut dalam program ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bapak haji Casiwan selaku Badan Pembina Pesantren, sekaligus PC Muhammadiyah Cilongok yang ikut mendukung dan menyediakan sarana dan prasarana demi berjalannya Program Dauroh Tahfizh 2 Bulan. Semoga Allah memberikan pahala kebaikan kepadanya, amiin. Terlebih pelaksanaan tahfizh ini tepat  di  tanggal 1 Muharram 1441 H. Semoga menjadi awal kebaikan di tahun baru Islam ini,” papar KH. Wahyudi Al Hafizh.

Dalam sambutannya, Bapak Haji Casiwan menyampaikan ungkapan syukurnya atas tekad kuat dan semangat para santri terpilih di program ini. “Saya sangat bangga dan senang kepada antum (para santri, red). yang benar-benar memiliki semangat dan tekad kuat untuk menjadi hafizh Al Qur’an dan saya berharap menjadi salah satu dari “orang tua” yang mendapatkan mahkota, karena telah mengantarkan santri menjadi hafizh/ah. Dan saya berharap kalian menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi ummat Islam, baik melalui ilmu atau pun Al Qur’an  di dalam dada kalian,” panjat Pak Haji.

Jadwal kegiatan harian program ini dimulai dari pukul 03.00 dini hari s.d pukul 22.00 WIB, dan didampingi para Muhafizh muda  yang profesional dan berpengalaman. Kegiatan ini merupakan program besar yang harus dijalankan dengan penuh kesungguhan, kompetitif dan ikhlas. Sebagaimana pesan dan harapan Direktur Ponpoes Zamzam, Ustadz Arif ketika menyampaikan sambutannya.

“ Tahun Akademik 2019-2020 adalah tahun Implementasi dan Penajaman Program, kalian harus selalu berkompetisi dalam kebaikan dan menjadi yang terdepan dalam setiap kemajuan. Ummat sudah menunggu kalian. Program tahfizh ini adalah program besar. Kesungguhan, kesabaran, keikhlasan karena Allah menjadi harga mati. Jaga niat karena Allah agar keletihan dan usaha yang dilakukan tidak sia-sia hasilnya. Bersandarlah kepada Allah, karena Dia lah yang berkuasa menghimpunkan Al Qur’an di dalam dada dan hati kalian,” doktrin Ustadz Arif meyakinkan para calon hafizh. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *