Berita Informasi Kegiatan Pondok

Ratusan Calon Santri Baru Ikuti Tes PSB Gelombang I

Ditutupnya PSB Gelombang I di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok pada Sabtu (19/1), dilanjutkan dengan tes yang digelar pada Ahad (20/1) pukul 08.00 di Pondok Putri. Tes Gelombang I diikuti 483 calon santri dengan mengikuti tes tertulis dan tes lisan.

Untuk materi tes tertulis adalah Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam dan Menulis Arab. Sedangkan untuk ujian lisan yaitu Tahfidz, Membaca Al Qur’an dan Ibadah Praktis. Pelaksanaan ujian tertulis mulai pukul 08.00 sampai 09.30. Untuk ujian lisan dilaksanakan mulai pukul 10.00.

Kegiatan Tes PSB Gelombang I berjalan lancar. Sebanyak 17 ruang digunakan untuk tes di Pondok Putri. Sedangkan calon wali santri mendapat pengarahan dari PDM Banyumas yang juga kepala SMP MBS Zam-Zam Ustadz M. Djohar MPd dan Direktur PPMZ Ustadz Arif Fauzi SPdI Lc mulai pukul 09.00 di Masjid Baitul Matien komplek Pondok Pesantren.

Dalam pengarahan oleh PDM atau Kepala SMP MBS Zam-Zam, program keunggulan Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok diantaranya keterpaduan kurikulum Pesantren dan Diknas dan edutrip ke Luar Negeri yang akan dimulai bulan Maret mendatang.

Sedangkan pengarahan dari Direktur PPMZ yaitu terkait sistem pembinaan tiga pilar yaitu Masjid, asrama dan kelas. Kemudian Direktur memaparkan perkembangan pesantren yang pertama kali ada 25 santri pada tahun pertama dan pada tahun ke 11 mencapai 1067 santri. Lalu keunggulan lain yaitu Sharing dan mentoring, latihan leadrship (IPM), praktek public speaking, praktek kewirausahaanm praktek dakwah lapangan, program kelas Bahasa Asing dan Program kelas Tahfidz 30 juz.

Setelah pengarahan, calon wali santri menuju kelas sesuai dengan nama calon walisantri untuk wawancara. Pukul 12.00 kegiatan selesai dan pengumuman hasil tes akan dilaksanakan Rabu (23/1) besok. (admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *