Aktifitas Santri Berita Kegiatan Pondok

SANTRI PUTRA SMA MBS ZAMZAM IKUTI DIKSAR KOKAM

PPM ZAMZAM – Para santri putra kelas 10 SMA MBS Zamzam Muhammadiyah Cilongok yang mengikuti Ekstrakulikuler Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) telah melaksanakan Pendidikan Dasar (Diksar) KOKAM selama tiga hari, Kamis-Sabtu (5-7/09/2019). Tempat penggemblengan dipusatkan di Desa Sambirata dan sekitarnya.

 

Menurut senior KOKAM di Ponpes Zamzam, Ustadz Hanif, bahwa kegiatan ini merupakan tahapan dasar bagi setiap calon anggota KOKAM. “ Tidak hanya tempaan fisik tetapi juga ada sejumlah materi pokok yang terkait dengan pengetahuan dasar, seperti Navigasi Darat (navrat), SAR, Survival,” papar ustadz Hanif.

Sedangkan untuk olah ketahanan  fisik misalnya, peserta berlari dari Pondok menuju Desa Panembangan sampai ke Telaga Kumpe Desa Gunung Lurah.  Dari Kumpe dilanjutkan dengan jalan kaki menuju alas/ hutan Sudem area hutan lindung di wilayah kaki Gunung Slamet. “Di situ peserta ditempa dan dibina bermacam materi seperti Kemuhammadiyahan dll. oleh para ustadz dan panitia yang bertugas. Setelah itu peserta berlari lagi menuruni hutan dan melewati persawahan melewati Desa Sambirata menuju Pule,” papar Ustadz Hanif.

Dengan doktrin  untuk senantiasa semangat menjaga ukhuwah Islamiya, merawat NKRI serta menggembirakan kehidupan kemanusiaan, para santri tetap semangat mengikuti segala arahan yang disampaikan para seniornya. Termasuk pada hari ketiga, semua santri melakukan praktik keterampilan dan ketahanan tentang bagaimana teknik turun dari ketinggian semisal tebing  secara aman  dengan menggunakan media tali karmantel. Usai shalat dzuhur satu persatu santri praktik Repling di jembatan sungai Prukut Desa Karang Tengah, Cilongok. Hingga shalat Ashar berjamaah di pinggir sungai, lalu kembali ke Pondok.  (H)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *