Aktifitas Santri Berita Informasi Kegiatan Pondok

UPACARA HARI SANTRI NASIONAL DI CILONGOK: Camat Bacakan Sambutan Bupati

Peringatan Hari Santri Nasional sebagai wujud apresiasi pemerintah atas peran dan perjuangan santri  dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hal itu menjadi momentum untuk memperteguh peran santri dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, serta tetap tegaknya NKRI. Demikian sambutan Bupati Banyumas, Ir. Ahmad Husein yang dibacakan Camat Cilongok, Drs. Purjito selaku Inspektur Upacara dalam upacara peringatan Hari Santri Nasional Kecamatan Cilongok, Banyumas, pada Selasa (22/10/2019) di lapangan Cilongok. Peserta upacara meliputi seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam), kyai, alim ulama, habaib, pengasuh pondok pesantren, ormas Islam dan para santri pondok pesantren termasuk Ponpes Modern Zamzam Muhammadiyah Cilongok. 

Dipaparkan pula bahwa Resolusi Jihad yang dicetuskan KH Hasyim Ashari pada 22 Oktober 1945 dan kini diperingati sebagai Hari Santri Nasional, merupakan cermin relasi mutual dan fungsional antara negara dan umat Islam khususnya kalangan santri. “Resolusi jihad telah membakar semangat patriotisme dan nasionalisme menggerakkan santri, pemuda dan masyarakat untuk bergerak bersama, bahu-membahu berjuang melawan pasukan kolonial sampai titik darah penghabisan,” urainya.

Sejarah telah mencatat, lanjutnya, tokoh-tokoh santri seperti KH Hasyim Ashari, KH Ahmad Dahlan, KH Ahmad Hasan, Syeh Ahmad Suropati, Kyai Mas Abdurrahman, Bung Tomo dan masih banyak pejuang-pejuang santri yang tak terhitung jumlahnya telah mewakafkan hidupnya demi tegaknya negara kesatuan RI.

“Dengan caranya masing-masing mereka bergabung dengan seluruh elemen bangsa melawan penjajah,  menyusun kekuatan di daerah-daerah terpencil, mengatur strategi mengajarkan tentang arti  kemerdekaan, kebhinekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia. Sebuah perjuangan panjang dan sangat heroik sampai puncaknya pada tanggal 10 Nopember 1945 yang kita kenal sebagai hari pahlawan,” katanya.

Sebelum membacakan sambutan Bupati Banyumas, Camat Purjito menyampaikan terima kasih kepada para kyai, ulama, habaib yang dengan aktif telah ikut membangun bangsa. “Menanamkan nilai-nilai cinta tanah air, menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan patriotisme sehingga NKRI masih berdiri sampai sekarang. Semoga semangat santri untuk tetap membangun, mempertahankan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia, tetap lesatari dan semakin meningkat,” harap Camat Cilongok, Purjito. (H)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *