Aktifitas Santri Berita Kegiatan Pondok

Kegiatan Musabaqoh Kubro Ponpes Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok

SELAMA tiga hari, Kamis-Sabtu (3-5/5), Bagian Lughoh melaksanakan Musabaqoh Kubro dengan berbagai jenis kegiatan mulai lomba Yel-yel Bahasa Arab, Masrohiyyah Qoshiroh (Drama Pendek Bahasa Arab) dan Cerdas cermat (musabaqoh al-dzaka’ wa al-diqqoh). Kegiatan tersebut diikuti santri setiap kelas dari SMP dan SMA.


Direktur Ponpes Modern Zam Zam Muhammadiyah Ustadz Arif Fauzi SPdI Lc melalui Kabag Bahasa Ustadz Pandi Yusron Lc mengatakan, kegiatan diawali dengan Lomba yel-yel Bahasa Arab yang dilaksanakan pada Kamis (3/5) pukul 20.00-21.45. diikuti oleh perwakilan setiap SMP dan SMA dengan jumlah setiap kelas minimal 5 orang. Penilaian meliputi aspek materi, kreatifitas, atribut, kekompakan dan performa. Dengan hasil kejuaraan yaitu Juara 1 kelas 10 IIS, Juara 2 kelas 7D dan Juara 3 kelas 10 MIA.


Hari kedua, Jumat (4/5) pukul 20.00 sampai 22.30 adalah Masrohiyyah Qoshiroh (Drama Pendek Bahasa Arab). Acara pada malam ini dimulai dengan pembukaan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Abdullah Abdurrahman kelas 10 IIS.
Lebih lanjut Ustadz Pandi mengatakan, santri sangat antusias dan kreatif dalam membuat drama pendek bahasa Arab. Penilaian mencakup aspek isi materi, kreatifitas, atribut, kekompakan dan performa. Untuk Juara 1 kelas 10 IIS, Juara 2 kelas 7B dan Juara 3 kelas 10 MIA.


Sementara untuk malam terakhir kegiatan yaitu Sabtu (5/5) digelar Cerdas cermat (musabaqoh al-dzaka’ wa al-diqqoh). Peserta ada 4 grup, masing-masing grup 5 santri yang terdiri dari semua unsur kelas 7 sampai kelas 10 dan Takhasus. 4 grup tersebut diberi nama negara yaitu Indonesia, Turki, Mesir, Palestina. Cerdas cermat dilaksanakan pukul 20.00 – 23.00.
Cerdas cermat dibagi menjadi 3 sesi, pertama sesi soal wajib, soal wajib terdiri dari 4 paket, A, B, C, dan D. Seluruh soal dimasukkan dalam amplop dan peserta dari setiap grup memilih secara acak. Pada sesi soal wajib nilai paling unggul adalah Mesir dengan skor 480, disusul Palestina skor 440, Indonesia skor 370 dan Turki skor 260.
Kedua sesi soal lemparan. Sesi ini lebih menegangkan dari sesi sebelumnya. Soal lemparan terdiri dari 4 paket, A, B, C dan D. Seluruh soal dimasukkan dalam amplop, dan peserta dari setiap grup memilih soal secara acak. Pada sesi ini nilai paling unggul diraih oleh Turki dengan skor 800, Palestina skor 600, Mesir skor 400, dan Indonesia skor 300.
Ketiga yaitu sesi soal rebutan. Sesi ini sangat menegangkan, dan merupakan puncak kompetisi. Jika berani menjawab dan jawaban benar nilai 100, jika salah nilai dikurangi 30. Jumlah soal rebutan ada 16 butir soal. Setiap grup tampak membagi tugas, ada yang siap siaga memencet bel, dan ada yang siap siaga untuk menjawab. Sorak sorai penonton juga sangat gemuruh menyemangati setiap grup yang didukungnya.
Pada sesi ini, nilai terunggul diraih grup Turki skor 400, Indonesia skor 400, Mesir skor 340, dan Palestina -60.
Hasil untuk lomba cerdas cermat adalah Juara 1 Grup Turki dengan total nilai 1460. Juara 2 Grup Mesir dengan total nilai 1220. Juara 3 Grup Indonesia dengan total nilai 1070 dan Juara harapan 1 Grup Palestina dengan total nilai 980.


Direktur PPMZ Ustadz Arif Fauzi SPdI Lc dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan karena merupakan kali pertamanya ada perlombaan cerdas cermat di PPMZ. Walaupun Cerdas cermat ini meskipun tingkat pondok pesantren Zamzam, tapi rasanya sangat internasional, karena peserta dari Indonesia, Turki, Mesir, dan Palestina. Harapannya semoga kelak ada dari santri Zamzam yang bisa benar-benar mengikuti even internasional,”katanya.
Cerdas cermat berakhir pukul 22.40, selanjutnya pembagian hadiah setiap even lomba. Acara ditutup tepat pukul 23.00. (agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *