Aktifitas Santri Berita Galeri Informasi Kegiatan Pondok

HADAPI TANTANGAN GLOBAL, KUASAI BAHASA ASING

(PPM ZAMZAM) – Upaya peningkatan mutu dalam penggunaan bahasa asing baik Bahasa Inggris dan bahasa Arab dalam menghadapi tantangan dan persaingan dunia global, TIM Bahasa Pondok Pesantren Modern (PPM) Zamzam Muhammadiyah Putri menyelenggarakan dialog terbuka tentang motivasi penguasaan kebahasaan dengan tema ‘The Importance of Foreign Language Achievement to Face Global Competition.’ Mengahadirkan Mr. Saefurrohman, P.hD., dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk materi bahasa Inggris dan Dr. Hanan seorang dosen Jami’ah Sudan, pada Sabtu (9/11/2019) di aula PPM Zamzam putri.

Dalam urainnya, Dr. Hanan memaparkan fungsi dan pentingnya penguasan bahasa Arab. Para santri harus mahir berbahasa Arab, hal itu sebagai sarana yang memudahkan dalam pembelajaran Al Qur’an, bermacam kitab klasik maupun kekinian, untuk tarbiyah wa ta’lim, serta bersosialisasi dengan orang lain di jagad luar. Sedangkan Mr. Saefurrohman dalam motivasinya memberikan banyak hal tentang manfaat memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang menjadi salah satu kunci bagi ummat Islam khususnya dalam berdakwah. “Dengan bahasa kita bisa memberikan penjelasan mengenai hakikat Muslim yang sebenarnya kepada obyek dakwah, termasuk kepada saudara non muslim agar meraka tidak salah faham. Bahkan tidak menutup kemungkinan dari mereka justru menjadi semakin tertarik belajar dan masuk agama Islam,” paparnya sebagaimana release berita yang ditulis Ustadzah Sofia.

Dijelaskannya, Tim Bahasa PPM Zamzam terdiri dari Ustadzah Sofia Umami, S.Pd., ustadzah Alfia Nur Cahyaningsih dan ustadzah Tina Sudianti. Sementara Mr. Saefurrohman selain dosen UMP beliau sering melanglangbuana menjadi narasumber seminar/ motivator kebahasaan baik di dalam maupun luar negeri. Di antaranya Pembicara dalam Konferensi English Assessment di Guangzhou, China (2016); Pembicara dalam Konferensi TESOL ASIA di Philippines 2014, 2015, Pembicara dalam konferensi Task Based Language Teaching di Kyoto, Jepang, 2017, Pembicara dalam Kolokium di University Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur Malaysia 2018 dan Pembicara dalam Konferensi Educational Technology di University Technology Malaysia, 2019.
“Semoga para santri termotivasi untuk semakin semangat dalam usaha peningkatan mutu Bahasa Inggris dan Arab, sehingga kelak bermanfaat bagi ummat,” harap ustadzah Sofia. (h)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *